06 Maret 2010

baca tulis arabic di openoffice



Udah lama pingin bisa baca dan ketik tulisan arabic di openoffice, syukur Alhamdulillah setelah googling dapat informasinya dari http://kangsugi.unnes.ac.id/blog/2009/02/03/indahnya-bisa-menulis-arab-di-openoffice 
Berikut ini copas kompletnya:


Pagi ini (3/2/09) seperti biasa aku masuk kantor dengan suasana fresh. Tiba-tiba teringat ketika waktu MTs atau MA dulu pernah diminta untuk menghafalkan narasi pancasila dalam Bahasa Arab. Ingat-ingat lagi… ternyata lumayan masih membekas di memori, walaupun sampai lama banget mengingatnya. Nah setelah lumayan teringat, eh mau ditulis di OpenOffice 3.0 Writer tidak tahu caranya (setelah teringat nanti akan saya posting narasi pancasila dalam bahasa arab versi hafalan saya…). Dulu sempat bisa nulis huruf arab di MS W Bajakan walaupun agak susah juga.
Bagaimanakan cara untuk menulis huruf arab di OpenOffice 3.0?. Pada dasarnya konfigurasinya sama dengan “OS Jendelo” yang sering dibajak itu, yaitu (1) konfigurasi sistem operasi agar mendukung layout keyboard huruf arab, dan (2) konfigurasi OpenOffice sendiri agar mengenal CTL (Complex Text Layout). Pada contoh ini saya menggunakan OpenSuSE 11.0 dengan desktop KDE 4 dan OpenOffice 3.0.0. Bagi yang menggunakan OS desktop dan OpenOffice versi lain bisa menyesuaikan. Berikut ini langkahnya.
  1. Setting desktop agar mendukung keyboard layout huruf arab, dengan cara buka Terminal atau Konsole. Bisa juga dengan menekan ALT+F2. Setelah itu buka Control Setting atau bisa juga dengan mengetikkan perintah



    kcontrol
    pada Konsole.
  2. Setelah muncul jendela COntrol Setting, pilih Regional & Assebility, kemudian pilihKeyboard Layout. Pada tab layout tandai opsi Enable keyboard layouts. Pada sisi jendelaKeyboard Layout akan terpampang dengan sangat jelas bendera negara dan namanya. Pilihlah layout Arabic dengan keymap ara, kemudian tekan tombol Add>>. Kemudian klik Apply. Nah sampai di sini setting desktop sudah selesai. Jika dilihat di panel bawah KDE akan muncul applet bergambar Bendera USA secara default. Jika ingin mengganti ke mode Arabic tinggal klik saja ke mode Arabic.


    Control Center versi KDE OpenSuse
    Control Center versi KDE OpenSuse
  3. Buka OpenOffice Writer, kemudian pilih menu Tools > Options > Language Settings > Languages. Tandai opsi Enabled for complex text layout (CTL).


    Konfigurasi Language Option di OpenOffice 3.0.0
    Konfigurasi Language Option di OpenOffice 3.0.0
  4. Sampai di sini sudah selesai, tinggal uji coba saja. Untuk menulis arab, biasanya dimulai dari kanan ke kiri, maka pilih arah penulisan paragraf Right-To-Left dengan menklik icon di toolbar. Anda bisa menikmati OpenOffice untuk menulis arab.
Agar tidak lupa dengan font arab di keyboard, maka berikut ini adalah tabelnya.
Translasi Keyboard US-Arabic
Translasi Keyboard US-Arabic
sedangkan untuk memberi harakat bisa dilakukan dengan menekan SHIFT+Q untuk fathah, ?SHIFT+A: kasrah; SHIFT+W: fathah tanwin; SHIFT+S: kasrah tanwin; SHIFT+E: dhammah; SHIFT+R: dhammah tanwin; dan SHIFT+X: sukun; dan SHIFT+cacing untuk tasydid.
Ini salah satu contoh tulisan Arab untuk Universitas negeri Semarang
Tulisan Universitas Negeri Semarang dalam Bahasa Arab
Tulisan Universitas Negeri Semarang dalam Bahasa Arab